Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Aplikasi e-Rapor SMA K13 V.2017 & Panduan Sukses E-Rapor SMA Versi 2017

Seperti yang kita ketahui bahwa Direktorat Pembinaan SMA mengembangkan aplikasi penilaian berbasis web untuk Kurikulum 2013 dalam bentuk e-Rapor yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengelola penilaian secara tepat, cepat, dan akurat.

Aplikasi e-Rapor SMA K13 V.2017 versi tahun 2017 merupakan pengembangan dari  versi 1.07 tahun 2016 berdasarkan berbagai kelemahan dan permasalahan yang ditemukan setelah diimplementasikan di beberapa sekolah. Aplikasi ini juga sudah menyesuaikan dengan panduan penilaian SMA edisi 2017.

Aplikasi  SMA K13 V.2017 versi tahun 2017 adalah penyempurnaan dari aplikasi SMA versi 1.07 tahun 2016, dalam rangka memperbaiki kelemahan dan permasalahan ketika diimplemetasikan sekolah pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.

Aplikasi e-Rapor SMA versi tahun 2017 ini telah dilakukan perbaikan atas struktur database untuk menyesuaikan dengan struktur database Dapodik versi 2017 Melalui perbaikan ini diharapkan e-Rapor akan terus terdukung oleh perubahan database Dapodik sebagai data referensi utama. Aplikasi e-Rapor ini dikembangkan terkoneksi langsung dengan data dapodik.

Adapun perbaikan dan penyempurnaan yang telah dilakukan pada e-Rapor versi 2017 ini meliputi :
Perbaikan
  1. Perbaikan Instalasi Aplikasi menggunakan Bahasa Indonesia.
  2. Perubahan tampilan aplikasi Erapor.
  3. Perbaikan pada aplikasi pengambilan data referensi (data sekolah, Data Guru, Data Siswa, Data Kelas dan Anggota Kelas, data mata pelajaran dan pembelajaran) yang bersumber dari data dapodik.
  4. Perbaikan pada generate user aplikasi secara otomatis.
  5. Perbaikan pada input ekstra, input absensi, prestasi dan catatan wali kelas.
  6. Perbaikan bug dan border cetak rapor ke printer maupun format word.
  7. Perbaikan cetak Leger Nilai (oleh Admin, Wali Kelas dan Guru BK).
  8. Perbaikan pada aplikasi dan sistem sinkronisasi nilai ke dapodik.
Pembaruan
  1. Pembaharuan Paket Instalasi Aplikasi Erapor.
  2. Perubahan struktur database Erapor.
  3. Mensinkronkan struktur database erapor dengan database dapodik terbaru.
  4. Menonaktifkan fitur edit data untuk kolom data yang bersumber dari data  dapodik.
  5. Memisahkan referensi lokal dengan referensi data dapodik, serta memberikan  akses edit data khusus untuk data yang tidak ada di dapodik.
  6. Pemetaan ulang menu aplikasi oleh Admin, Guru, Wali Kelas, Guru BK dan  Siswa.
  7. Melengkapi fitur Aplikasi untuk Admin, Wali, Guru dan BK.
  8. Menambah tampilan rekap absensi dan grafik nilai.
  9. Menambah fitur security untuk membatasi akses database langsung, diluar  aplikasi erapor.
  10. Melengkapi fitur import nilai oleh guru Mata Pelajaran.
  11. Melengkapi notifikasi pada perencanaan untuk mengetahui apakah  sebelumnya sudah melakukan perencanaan penilaian atau belum.
  12. Menambah fitur edit ringkasan kompetensi dan menambah kompetensi oleh  guru mata pelajaran masing-masing.
  13. Membatasi jumlah karakter ringkasan kompetensi pada aplikasi.
  14. Perbaikan pada sistem pengolahan nilai akhir dan deskripsi ketercapaian  kompetensi.
  15. Penambahan fitur baru pada proses deskripsi siswa oleh guru maupun wali kelas.
  16. Menambah fitur validasi saat menampilkan hasil pengolahan nilai, Kirim Nilai dan Proses Deskripsi.
  17. Menambah fitur keterlaksanaan penilaian oleh guru yang dapat dipantau melalui admin.
  18. Menambah fitur pemantauan status penilaian oleh Admin dan Wali Kelas.
  19. Menambah fitur ambil nilai akhir semester 1 (bagi yang menggunakan erapor  versi 1.07) untuk dikonversi ke aplikasi e-Rapor versi 2017.
  20. Menambah fitur untuk mengecek nilai yang sudah dikirim ke dapodik  (mengecek langsung nilai di aplikasi dapodik).
  21. Menambah fitur Suplemen rapor bagi Admin, Guru, Wali Kelas, untuk  mengakomodir sekolah yang menambah mata pelajaran di luar struktur kurikulum 2013.
  22. Menambah fitur backup dan restore data e-Rapor.
  23. Menambah fitur untuk pengecekan status penilaian yang dilakukan oleh guru
  24. Menambah fitur untuk input nilai rapor untuk KTSP.
  25. Menambah fitur untuk input/Import nilai rapor K13 khusus digunakan sebelum  Tahun 2016/2017 Genap
  26. Menambah fitur untuk input/Import nilai US/USBN khusus digunakan untuk  input nilai US/USBN siswa kelas XII pada semester genap mulai Tahun 2016/2017 Genap
Perlu dipahami, bahwa aplikasi e-rapor adalah aplikasi berbasis web, dimana dalam satu sekolah aplikasi e-rapor ini cukup diinstal pada server atau pc yang difungsikan sebagai server. Sedangkan untuk client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Admin adalah orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta memiliki hak akses tertinggi dalam pengoperasian e-Rapor.

Mengingat begitu penting dan strategisnya kedudukan admin dalam e-Rapor, maka diperlukan seseorang yang memiliki tanggung jawab, dedikasi serta integritas kepribadian yang sangat tinggi.
Admin memiliki tugas sebagai berikut:
  1. Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
  2. Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
  3. Mengedit profil sekolah.
  4. Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas,  guru bimbingan dan konseling serta peserta didik.
  5. Mensosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang  bersangkutan.
  6. Mengedit data wali kelas.
  7. Mengedit data muatan lokal.
  8. Menginput data Kompetensi Dasar (KD) muatan lokal.
  9. Menginput Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.
  10. Menginput interval predikat mata pelajaran.
  11. Menginput data ekstrakurikuler.
  12. Menginput data tanggal rapor.
  13. Mencetak rapor.
  14. Mengirim nilai ke dapodik.
  15. Melakukan backup dan restore data.
Di dalam melaksanakan tugasnya, admin hendaknya selalu berkoordinasi dengan:
  1. Kepala sekolah, selaku pemangku kebijakan di sekolah.
  2. Wakil kepala urusan kurikulum, dalam hal teknis penilaian.
  3. Operator Dapodik, dalam hal sinkronisasi data dapodik dan pengiriman nilai ke  dapodik.
  4. Guru mata pelajaran, dalam proses dan input penilaian.
  5. Wali kelas, dalam hal teknis pencetakan dan kelengkapan data serta nilai yang  diperlukan e-Rapor.
Download Buku Panduan Sukses e-Rapor SMA Versi 2017
Download Aplikasi e-Rapor SMA Versi 2017

Back To Top