Tes uraian dan Tes keterampilan Komputer Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas 11 Kurikulum 2013

Mata Pelajaran                      : Komputer Akuntansi
Bidang Keahlian                     : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian                  : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian             : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Kelas/Semester                       : 11/Ganjil
Tahun Pelajaran                     : 2017/2018

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
3.1              Menerapkan program komputer akuntansi
4.1              Menginstal program komputer akuntansi 

Ruang Lingkup uraian materi :
1. Instalasi Program MYOB
2. Menu Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
3. Penyesuaian Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
4. Pembuatan File Data Baru
5. Pengecekan Informasi Perusahaan

Rangkuman Materi
Format tanggal dan simbol mata uang disesuaikan dengan format Indonesia untuk menghindari kesalahan dalam input data. Hal ini bisa dilakukan melalui  program Windows dengan memanfaatkan fasilitas Control Panel.
Tidak boleh ada kesalahan mengisi periode akuntansi, terutama dalam menentukan bulan akhir periode dan  bulan konversi. Bulan akhir periode adalah bulan dimana akan disusun laporan keuangan selama satu  periode. Bulan konversi (conversion month), adalah bulan dimana dilakukan pergantian sistem dari akuntansi manual ke sistem komputer  akuntansi atau bulan dimana pencatatan saldo awal akan dilakukan.
Dalam MYOB ada tiga cara penyusunan daftar akun. Cara yang paling  efektif, sesuai dan cepat adalah dengan mengimport daftar akun. Yang perlu diingat untuk cara ini adalah penyesuaian linked account untuk  Bank, Sales, Purchase dan Payroll dan menghapus beberapa kaun yang tidak digunakan.
MYOB menyediakan 1 (satu) file data digunakan untuk menyimpan seluruh data akuntansi. File data ini diberi nama unik (tidak ada yang sama) dan diberi tambahan (ekstension) MYO.

Contoh Soal Pilihan Ganda
Pilih jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf a, b, c, d atau e dari setiap item soal pilihan ganda di bawah ini:

1. Unsur-unsur yang saling mempengaruhi dalam sistem komputerisasi akuntansi:
a. Softwares, Hardwares, Program Applications, Inputs dan Outputs.
b. Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c. Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan Outputs.
d. Input, Hardwares, Softwares, Process, dan Output.
e. Hardwares, Program Aplication, inputs dan Outputs.

2. Program MYOB termasuk kelompok:
a. Input dan Output
b. Hardwares
c. Process
d. Softwares
e. Brainwares

3. Format tanggal program MYOB Sejak awal adalah:
a. YYYY/MM/DD
b. DD/MM/YYYY
c. MM/DD/YYYY
d. YYYY/DD/MM
e. MM/YYYY/DD

4. Menu yang digunakan untuk pembuatan file data bisnis baru:
a. Explore
b. What’s New
c. Open
d. Create
e. Exit.

5. Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong):
a. Serial Number
b. Company Name
c. Address
d. Phone and fax number
e. Email Address.

6. Yang dimaksudkan dengan Current Financial Year:
a. Periode akuntansi yang sedang berjalan
b. Periode akuntansi yang akan datang
c. Periode akuntansi yang lalu
d. Periode akuntansi selama perusahaan beraktivitas
e. Periode akuntansi tertentu.

7. Yang dimaksud dengan Last Month of Financial Year:
a. Bulan awal dari periode akuntansi
b. Bulan awal dan akhir dari periode akuntansi
c. Bulan akhir dari periode akuntansi
d. Akhir bulan (Desember) dari periode akuntansi
e. Akhir bulan (Januari) dari periode akuntansi

8. Yang dimaksud dengan Conversion Month:
a. Bulan saat terjadinya transaksi keuangan
b. Bulan pertama digunakan komputer akuntansi
c. Bulan awal periode akuntansi yang berjalan
d. Bulan akhir periode akuntansi yang berjalan
e. Bulan pergantian periode akuntansi

9.Jika perusahaan menggunakan jumlah periode 13 bulan, maka bulan ke-13 khusus untuk:
a. Mencatat transaksi bulan Desember
b. Mencatat transaksi awal periode
c. Mencatat transaksi penyesuaian (adjustment)
d. Mencatat transaksi kesalahan
e. Mencatat rekonsiliasi akun-akun tertentu

10. Nama file data bisnis harus unik, artinya:
a. Nama file harus mudah diingat
b. Nama file harus mudah ditemukan atau dicari
c. Nama file harus spesifik tidak ada yang menyamai
d. Nama file harus sama digunakan berkali-kali
e. Nama file disimpan di folder khusus

Kunci Jawaban
1 c
2 d
3 c
4 d
5 b
6 a
7 c
8 b
9 c
10 c

Penugasan
Kerjakan tugas-tugas berikut ini !

1.      Peserta didik membuat kelompok kecil, terdiri dari 2 atau 3 orang per kelompok.
2.      Setiap peserta didik mengerjakan tugas-tugas ini, tetapi proses pemecahan kasus dapat dilakukan melalui diskusi kelompok.
3.      Tugas 1, menginstall program MYOB versi 18 di komputer masingmasing (jika memungkinkan).
4.      Tugas 2, cek format tanggal dan simbol mata uang di computer masing-masing, bila formatnya masih default atau menggunakan format Amerika maka ubahlah ke format Indonesia. 
5.      Tugas 3, buatlah file data bisnis baru didasarkan pada kasus Renata Interior Design  (lihat di Lembar Kerja Peserta Didik). Ikuti langkah- langkah seperti yang tertulis di dalam buku ini.
Tes Keterampilan.
Buatlah file data baru menggunakan program MYOB versi18 untuk perusahaan jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 1.2 di Lembar Kerja Peserta Didik),
dengan rincian sebagai berikut:
Instruksi:
1.      Tes ini dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan dikerjakan oleh  peserta didik secara berkelompok.
2.      Pada kahir waktu tes diminta setiap peserta didik menyerahkan  hasil pekerjaannya dalam bentuk file.
3.      Tugas 1, mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
4.      Tugas 2, menetukan periode akuntansi.
5.      Tugas 3, menentukan cara penyusunan daftar akun (dengan cara  mengimport).
6.      Tugas 4, menentukan nama folder (My Documents/Data MYOB 18  dan nama file RIOD-nama peserta didik masing-masing.
Kunci tes Keterampilan