Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar)
terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk
memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto,
tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan
dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa
berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (C2)
SILABUS
MATA PELAJARAN
Nama Sekolah :
………………………………………………………………………………….
Bidang Keahlian :
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian :
Teknik Komputer dan Informatika
Mata Pelajara :
Dasar Desain Grafis
Durasi (Waktu) :
144 JP @ 45 menit
Kelas/Semester :
X /1 dan 2
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan
Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan
orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1
Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa
garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.1
Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa
garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
3.1.1
Menjelaskan unsur-unsur
tata letak garis.
3.1.2
Menguraikan
unsur-unsur warna
3.1.3
Mendeskripsikan
tekstur dan ruang.
4.1.1
Menetapkan tata
letak unsu-unsur garis.
4.1.2
Menetapkan tata
letak unsur-unsur warna
4.1.3
Menatapkan tata
letak unsur-unsur warna
|
·
Unsur-unsur
desain grafis dan prinsipnya:
·
Karakteristik,
kegunaan, dan makna warna.
·
Warna sebagai
representasi dari alam
·
Warna sebagai
komunikasi, dan ekspresi.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang unsur-unsur desain grafis.
· Mengumpulkan data tentang tata letak unsur-unsur dalam desain grafis.
· Mengolah data tentang tata letak unsur-unsur dalam desain grafis.
·
Mengomunikasikan tentang tata letak unsur-unsur dalam desain grafis.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.2
Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
4.2
Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
|
3.2.1
Menguraikan
fungsi warna CMYK dan RGB
3.2.2
Membandingkan
warna CMYK dengan RGB
4.2.1
Melakukan
kombinasi warna CMYK dan RGB.
4.2.2
Menunjukkan
penempatan warna sesuai fungsi.
|
·
Fungsi warna
CMYK dan RGB.
·
Persamaan dan
perbedaan warna CMYK dengan RGB.
·
Kombinasi warna CMYK dngan RGB
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang unsur warna CMYK dan RGB.
· Mengumpulkan data tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB.
· Mengolah data tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB.
· Mengomunikasikan tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.3
Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras,
kesatuan (unity), dan harmoni dalam
pembuatan desain grafis
4.3
4.3
Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain :
proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
3.3.1
Menjelaskan
prinsip tata letak desain.
3.3.2
Menguraikan
prinsip desain
4.3.1
Mengintegrasikan
perinsip ke dalam desain.
4.3.2
Menunjukkan
desain sesuai prinsip.
|
·
kesatuan (Unity) and keselarasan (harmony)
·
Keseimbangan (Balance)
·
Proporsi (Proportion)
·
Irama (Rhythm)
·
Penekanan/ fokus dan emphasis
·
Contrast dan variety.
·
Repetisi (Repetition)
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang prinsip tata letak.
· Mengumpulkan data tentang prinsip tata letak desain.
· Mengolah data tentang prinsip tata letak desain.
·
Mengomunikasikan tentang prinsip tata letak desain.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.4
Mendiskusikan berbagai format gambar
4.4
4.4
Menempatkan berbagi format gambar
|
3.4.1
Menjelaskan
format gambar.
3.4.2
Menguraikan
berbagai format.
4.4.1
Membandingkan
format gambar.
4.4.2
Menyimpan
gambar dengan format pilihan.
|
·
Macam-macam format gambar.
·
Fungsi dan manfaat format gambar.
·
Perbedaan fungsi setiap format.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang format gambar.
· Mengumpulkan data tentang berbagai format gambar.
· Mengolah data tentang berbagai format gambar.
·
Mengomunikasikan tentang berbagai format gambar.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.5
Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam
desain
4.5
Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan
alat scanner dalam desain
|
3.5.1
Menjelaskan
fungsi scanning.
3.5.2
Menguraikan
prosedur scanning.
4.5.1
Memilih
gambar untuk discan.
4.5.2
Menunjukkan
hasil scanning.
|
·
Jenis-jenis scanner.
·
Langkah-langkah scanning.
·
Kelebihan dan kekurangan proses scanning.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang scanning.
· Mengumpulkan data tentang prosedur scanning.
· Mengolah data tentang prosedur scanning.
· Mengomunikasikan tentang prosedur scanning.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.6
Menerapkan perangkat lunak
pengolah gambar vektor
4.6
Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
3.6.1
Menjelaskan
fungsi fitur-fitur pengolah gambar vektor.
3.6.2
Membandingkan
gambar berdasarkan fitur.
4.6.1
Mengintegrasikan
fitur dalam menolah gambar vektor.
4.6.2
Menunjukkan
gambar vektor hasil pengolahan.
|
· Perangkat lunak pengolah gambar.
· Mengolah gambar vektor dengan perangkat lunak.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang pengolah gambar vektor.
· Mengumpulkan data tentang perangkat lunak pengolah gambar
vektor.
· Mengolah data tentang perangkat lunak pengolah gambar
vektor.
·
Mengomunikasikan tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.7
Menerapkan manipulasi gambar
vektor dengan menggunakan fitur efek
4.7
Memanipulasi gambar vektor dengan
menggunakan fitur efek
|
3.7.1
Menjelaskan
fungsi manifulasi gambar vektor.
3.7.2
Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.
4.7.1
Membandingkan
efek manipulasi pada gambar.
4.7.2
Menunjukkan
gambar hasil manipulasi.
|
·
Manfaat manipulasi gambar vektor.
·
Teknik memanipulasi gambar vektor.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang manipulasi gambar.
· Mengumpulkan data tentang efek manipulasi gambar.
· Mengolah data tentang efek manipulasi gambar.
· Mengomunikasikan tentang efek manipulasi gambar.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.8
Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
4.8
Membuat desain berbasis gambar vektor
|
3.8.1
Menguraikan
desain gambar berbasis vektor.
3.8.2
Mengintegrasikan
desain gambar berbasis vektor.
4.8.1
Mensketsa
desain gambar.
4.8.2
Menunjukkan
desain gambar berbasis vektor.
|
·
Pembuatan gambar berbasis vektor.
·
Mengedit gambar berbasis vektor.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang desain gambar.
· Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis vektor.
· Mengolah data tentang desain gambar berbasis vektor.
· Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis vektor.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.9
Menerapkan perangkat lunak pengolah
gambar bitmap (raster)
4.9
Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
3.9.1
Menjelaskan
fungsi fitur-fitur pengolah gambar bitmap.
3.9.2
Membandingkan
gambar berdasarkan fitur.
4.9.1
Mengintegrasikan
fitur dalam menolah gambar vector.
4.9.2
Menunjukkan
gambar vector hasil pengolahan.
|
·
Perangkat lunak pengolah gambar.
·
Mengolah gambar bitmap dengan perangkat lunak.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang pengolah gambar bitmap.
· Mengumpulkan data tentang perangkat lunak pengolah gambar
bitmap.
· Mengolah data tentang perangkat lunak pengolah gambar
bitmap.
·
Mengomunikasikan tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.10
Menerapkan manipulasi gambar raster
dengan menggunakan fitur efek
4.10
Memanipulasi gambar raster
dengan menggunakan fitur efek
|
3.10.1
Menjelaskan
fungsi manifulasi gambar bitmap.
3.10.2
Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.
4.10.1
Membandingkan
efek manipulasi pada gambar.
4.10.2
Menunjukkan
gambar hasil manipulasi.
|
·
Manfaat manipulasi gambar bitmap.
·
Teknik memanipulasi gambar bitmap.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang manipulasi gambar.
· Mengumpulkan data tentang efek manipulasi gambar.
· Mengolah data tentang efek manipulasi gambar.
·
Mengomunikasikan tentang efek manipulasi gambar.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.11
Menerapkan desain berbasis gambar bitmap
(raster)
4.11
4.11
Membuat desain berbasis gambar
bitmap (raster)
|
3.11.1
Menguraikan
desain gambar berbasis bitmap.
3.11.2
Mengintegrasikan
desain gambar berbasis bitmap.
4.11.1
Mensketsa
desain gambar.
4.11.2
Menunjukkan
desain gambar berbasis bitmap.
|
·
Pembuatan gambar berbasis bitmap.
·
Mengedit gambar berbasis bitmap.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang desain gambar.
· Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis bitmap.
· Mengolah data tentang desain gambar berbasis bitmap.
·
Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis bitmap.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|
3.12
Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
4.12
Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
|
3.12.1
Menguraikan
karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap
3.12.2
Menyusun
kriteria penilaian
4.12.1
Melakukan
penilaian terhadap penggabungan
gambar vektor dan bitmap
4.12.2
Menyusun
laporan penilaian
|
·
Karakteristik penggabungan gambar vektor dan
bitmap
·
Kriteria penilaian penggabungan gambar vektor dan
bitmap
·
Menyusun laporan penilaian.
|
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang penilaian gambar.
· Mengumpulkan data tentang penilaian gabungan gambar vektor dan bitmap.
· Mengolah data tentang penilaian gabungan gambar vektor dan bitmap.
·
Mengomunikasikan tentang penilaian gabungan gambar
vektor dan bitmap.
|
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
Keterampilan:
·
Pengamatan
·
Unjuk kerja
|