Format Lembar Penilaian Fortofolio MTs Kurikulum 2013 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Format Lembar Penilaian Fortofolio MTs Kurikulum 2013

Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Karya tersebut dapat berbentuk tindakan nyata yang mencerminkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya.

Kriteria tugas pada penilaian portofolio
  • Tugas sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan diukur.
  • Hasil karya peserta didik yang dijadikan portofolio berupa pekerjaan hasil tes, perilaku peserta didik sehari-hari, hasil tugas terstruktur, dokumentasi aktivitas peserta didik di luar madrasah yang menunjang kegiatan belajar.
  • Tugas portofolio memuat aspek: judul, tujuan pembelajaran, ruang lingkup belajar, uraian tugas, kriteria penilaian.
  • Uraian tugas memuat kegiatan yang melatih peserta didik mengembangkan kompetensi dalam semua aspek (sikap, pengetahuan, keterampilan).
  • Uraian tugas bersifat terbuka, dalam arti mengakomodasi dihasilkannya portofolio yang beragam isinya.
  • Kalimat yang digunakan dalam uraian tugas menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dilaksanakan.
  • Alat dan bahan yang digunakan dalam penyelesaian tugas portofolio tersedia di lingkungan peserta didik dan mudah diperoleh.

 Kriteria rubrik untuk portofolio
  • Rubrik memuat indikator kunci dari kompetensi dasar yang akan dinilai penacapaiannya dengan portofolio.
  • Rubrik memuat aspek-aspek penilaian yang macamnya relevan dengan isi tugas portofolio.
  • Rubrik memuat kriteria kesempurnaan (tingkat, level) hasil tugas.
  • Rubrik mudah untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.
  • Rubrik menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X / 2
Tahun Pelajaran       : 2014-2015
Judul portofolio         : Penyusunan laporan praktikum

Tujuan:
Peserta didik dapat menyusun laporan praktikum Biologi sebagai tulisan ilmiah.

Ruang lingkup:
  1. Karya portofolio yang dikumpulkan adalah seluruh hasil laporan praktikum biologi kelas X semester 2.
  2. Setiap laporan hasil praktikum dikumpulkan selambat-lambatnya satu minggu setelah peserta didik melaksanakan praktikum.
  3. Penilaian karya portofolio terpilih dilaksanakan satu minggu sebelum Ulangan Akhir Semester 2.

 Uraian tugas portofolio
  1. Buatlah laporan praktikum Biologi untuk seluruh kegiatan praktikum selama semester 2.
  2. Penilaian laporan praktikum meliputi: persiapan, pelaksanaan, dan hasil praktik.
  3. Pilihlah (peserta didik bersama guru) beberapa karya portofolio terbaik untuk dinilai.

 Kriteria, skor, dan indikator portofolio laporan praktikum biologi
Kriteria
Skor
Indikator
Persipan
3
Pemilihan alat dan bahan tepat
2
Pemilihan alat atau bahan tepat
1
Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

Pelaksanaan
3
Langkah kerja dan waktu pelaksanan tepat
2
Langkah kerja atau waktu pelaksanan tepat
1
Langkah kerja dan waktu pelaksanan tidak tepat

Hasil
3
Data akurat dan simpulan tepat
2
Data akurat atau simpulan tepat
1
Data tidak akurat dan simpulan tidak tepat

Contoh pengisian format penilaian portofolio
No
Nama
Skor untuk
Juml
skor
Nilai
Persiapan
Pelaksanaan
Hasil
1
Dudi
3
2
2
7
78
2






3






 
Back To Top