Download RPP Matematika SMP/Mts Kelas7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Download RPP Matematika SMP/Mts Kelas7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018

Pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis,  maka pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses.

Setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis. Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta penilaian pembelajaran yang dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil belajar siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil langsung dari pengalaman belajar yang dirancangkan dalam RPP. Agar harapan ini dapat tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.

Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut. 
  • Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual,  bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa. 
  • Partisipasi aktif siswa.
  • Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,  kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk  mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. 
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.  
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi 
Langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus      dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
  • Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan muatan  KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis  Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini berdasarkan hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
  • Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang      mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks  pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  • Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
  • Menentukan  media,  alat,  bahan  yang digunakan dalam proses pembelajaran. 
  • Memastikan sumber  belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
  • Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  • Mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  1. RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
    • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
    • Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
    • HOTS (Higher Order Thinking Skill)
  2. RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru Tahun 2017 (Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
  3. IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
  4. IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
  5. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
  6. IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret
  7. RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
  9. Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:
  1. memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari- hari;
  2. melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
  3. melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya;
  4. memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  5. menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).

Adapun ruang lingkup Matematika SMP/MTs mencakup:
  1. Bilangan,
  2. Aljabar,
  3. Geometri dan pengukuran,
  4. Statistika dan peluang.
Berikut ini adalah Peta materi pada mata pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas 7


  1. Bilangan Bulat dan Pecahan
    • Membandingkan bilangan bulat dan pecahan
    • Mengurutkan bilangan bulat dan pecahan
    • Operasi dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
    • Mengubah bentuk bilangan pecahan
    • Menyatakan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
    • Kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
    • Faktor persekutuan terbesar (FPB)
  2. Himpunan
    • Menyatakan himpunan
    • Diagram Venn
    • Himpunan bagian, kosong, dan semesta
    • Hubungan antar himpunan
    • Operasi pada himpunan
    • Komplemen himpunan
  3. Bentuk Aljabar
    • Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
    • Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
    • Perkalian dan pembagian bentuk aljabar
    • Penyederhanaan bentuk aljabar
  4. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
    • Pernyataan
    • Kalimat terbuka
    • Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variabel
  5. Perbandingan
    • Pengertian dan jenis- jenis perbandingan
    • Membandingan dua besaran
    • Perbandingan senilai dan berbalik nilai
    • Pemecahan masalah yang melibatkan perbandingan
  6. Aritmetika Sosial
    • Nilai suatu barang
    • Harga penjualan dan pembelian
    • Persentase untung dan rugi
    • Diskon, pajak, bruto, tara, dan netto
    • Bunga tunggal
    • Pajak
  7. Garis dan Sudut
    • Garis
    • Kedudukan garis
    • Membagi garis
    • Perbandingan ruas garis
    • Pengertian sudut
    • Jenis-jenis sudut
    • Hubungan antar sudut
    • Melukis sudut Bangun Datar (Segi empat dan Segitiga )
    • Pengertian segi empat dan segitiga
    • Jenis-jenis dan sifat- sifat bangun datar
    • Keliling dan luas segi empat dan segitiga
    • Menaksir luas bangun datar yang tak beraturan
  8. Penyajian Data:
    • Jenis data
    • Tabel
    • Diagram garis
    • Diagram batang
    • Diagram lingkaran
Tag : RPP
Back To Top